Pengikut

Senin, 16 Juni 2014

RPP Bercerita tentang pengalaman yang berkesan menggunakan ragam bahasa Jawa krama.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan       : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran             : Bahasa Jawa
Kelas/Semester             : VIII / 2
Alokasi waktu               : 2 X 40 menit

Standar Kompetensi   : Mampu mengungkapkan pikiran pendapat, gagasan, dan  perasaan secara lisan melalui bercerita dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar     :  Bercerita tentang pengalaman yang berkesan menggunakan ragam bahasa Jawa krama.

Indikator                    :
-          Mampu bercerita dengan lafal yang jelas.
-          Mampu bercerita dengan intonasi yang jelas dan benar.
-          Mampu bercerita dengan diksi yang tepat/sesuai.
-          Mampu bercerita dengan ekspresi yang sesuai dengan isi cerita.
-          Mampu bercerita dengan ragam bahasa Jawa krama yang tepat.
-          Mampu bercerita berdasarkan struktur kalimat yang baik dan benar.

Tujuan                       :
-          Siswa mampu bercerita dengan lafal yang jelas.
-          Siswa mampu bercerita dengan intonasi yang jelas dan benar.
-          Siswa mampu bercerita dengan diksi yang tapat/sesuai.
-          Siswa mampu bercerita dengan ekspresi yang sesuai dengan isi cerita.
-          Siswa mampu bercerita dengan ragam bahasa Jawa krama yang tepat.
-          Siswa mampu bercerita berdasarkan struktur kalimat yang baik dan benar.

Materi
-          Bercerita tentang pengalaman yang berkesan dalam ragam bahasa Jawa krama dengan menggunakan kartu emoticons/kartu ekspresi.

Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Awal
1)      Guru bertanya kepada siswa tentang kegiatan yang mereka lakukan sebelum berangkat sekolah.
2)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
1)      Guru meminta satu siswa sebagai contoh, untuk maju kedepan bercerita dengan ragam bahasa Jawa krama mengenai kegiatan yang siswa lakukan sebelum berangkat sekolah.
2)      Siswa memberikan komentar tentang cerita teman tersebut, kemudian menganalisis kesalahan berbahasa yang digunakan.
3)      Guru dan siswa mendiskusikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbicara khususnya bercerita dengan menggunakan ragam bahasa Jawa krama.
Elaborasi
4)      Siswa  membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari enam orang.
5)      Masing-masing perwakilan siswa dalam kelompok mengambil amplop yang berisi enam kartu emoticons dari guru.
6)      Siswa dalam kelompok saling menentukan siapa teman yang menjadi orang pertama, kedua, sampai orang ke-enam.
7)      Siswa dipandu oleh guru untuk bercerita sesuai dengan pengalaman dimulai dari orang pertama pada masing-masing kelompok.
8)      Siswa yang lain memberikan komentar dengan cara mengangkat kartu emoticons yang sesuai dengan isi cerita teman.
9)      Siswa yang bercerita memberitahukan latar belakang cerita apakah benar cerita yang Ia sampaikan tersebut, sesuai dengan kartu emoticons yang diangkat teman-temannya.
Konfirmasi
10)  Siswa dan guru memberikan komentar dengan mengangkat kartu emoticons mereka masing-masing.
11)  Siswa yang maju memberitahukan kesesuaian antara latar belakang cerita dengan terkaan pendengar.
12)  Siswa dan guru bersama-sama menganalisis kesalahan berbahasa yang digunakan tiap perwakilan kelompok tersebut.
3.      Kegiatan Akhir
1)        Guru bertanya tentang kesulitan belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran.
2)        Siswa dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

Metode                         :
-          Pemodelan
-          Diskusi
-          Analisis kesalahan berbahasa
-          Tanya jawab

Media                           :
Kartu Emoticons / Kartu ekspresi

Evaluasi
-          Teknik    : Proses
-          Bentuk   : Perbuatan
-          Soal
1.      Coba critakna ing ngarep kelas ngangggo basa Jawa krama, pengalamanmu kang paling bisa gawe seneng, trenyuh, susah, njengkelke, nesu utawa bosen!
2.      Coba jlentrehna panemumu marang cerita kang diandharake kancamu!


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama siswa
Lafal
Intonasi
Ragam bahasa krama
Diksi
Struktur kalimat
Jumlah
Rata-rata
1.
Dauz







2.
Andjar







3.
Maya  







4.
Indayu







5.
Hansi







6.
Ardian







7.
Ausi







8.
Arif














































































































Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Hapipah, M.Pd.


NIP 19927896782014

Guru Mata Pelajaran
Yonif Sandi Rupikso, S.Pd.


NIP 19914746332014







Tidak ada komentar:

Posting Komentar