RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah
Pertama
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VIII / 2
Alokasi
waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi
: Mampu mengungkapkan pikiran pendapat,
gagasan, dan perasaan secara lisan
melalui bercerita dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar : Bercerita
tentang pengalaman yang berkesan menggunakan ragam bahasa Jawa krama.
Indikator :
-
Mampu bercerita dengan
lafal yang jelas.
-
Mampu bercerita dengan
intonasi yang jelas dan benar.
-
Mampu bercerita dengan
diksi yang tepat/sesuai.
-
Mampu bercerita dengan
ekspresi yang sesuai dengan isi cerita.
-
Mampu bercerita dengan
ragam bahasa Jawa krama yang tepat.
-
Mampu bercerita
berdasarkan struktur kalimat yang baik dan benar.
Tujuan :
-
Siswa mampu bercerita
dengan lafal yang jelas.
-
Siswa mampu bercerita
dengan intonasi yang jelas dan benar.
-
Siswa mampu bercerita
dengan diksi yang tapat/sesuai.
-
Siswa mampu bercerita
dengan ekspresi yang sesuai dengan isi cerita.
-
Siswa mampu bercerita
dengan ragam bahasa Jawa krama yang
tepat.
-
Siswa mampu bercerita
berdasarkan struktur kalimat yang baik dan benar.
Materi
-
Bercerita tentang
pengalaman yang berkesan dalam ragam bahasa Jawa krama dengan menggunakan kartu emoticons/kartu ekspresi.
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Awal
1) Guru
bertanya kepada siswa tentang kegiatan yang mereka lakukan sebelum berangkat
sekolah.
2) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran pada hari itu.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1) Guru
meminta satu siswa sebagai contoh, untuk maju kedepan bercerita dengan ragam
bahasa Jawa krama mengenai kegiatan
yang siswa lakukan sebelum berangkat sekolah.
2) Siswa
memberikan komentar tentang cerita teman tersebut, kemudian menganalisis
kesalahan berbahasa yang digunakan.
3) Guru
dan siswa mendiskusikan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berbicara
khususnya bercerita dengan menggunakan ragam bahasa Jawa krama.
Elaborasi
4) Siswa membentuk kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari enam orang.
5) Masing-masing
perwakilan siswa dalam kelompok mengambil amplop yang berisi enam kartu emoticons
dari guru.
6) Siswa
dalam kelompok saling menentukan siapa teman yang menjadi orang pertama, kedua,
sampai orang ke-enam.
7) Siswa
dipandu oleh guru untuk bercerita sesuai dengan pengalaman dimulai dari orang
pertama pada masing-masing kelompok.
8) Siswa
yang lain memberikan komentar dengan cara mengangkat kartu emoticons yang
sesuai dengan isi cerita teman.
9) Siswa
yang bercerita memberitahukan latar belakang cerita apakah benar cerita yang Ia
sampaikan tersebut, sesuai dengan kartu emoticons yang diangkat teman-temannya.
Konfirmasi
10) Siswa
dan guru memberikan komentar dengan mengangkat kartu emoticons mereka
masing-masing.
11) Siswa
yang maju memberitahukan kesesuaian antara latar belakang cerita dengan terkaan
pendengar.
12) Siswa
dan guru bersama-sama menganalisis kesalahan berbahasa yang digunakan tiap
perwakilan kelompok tersebut.
3.
Kegiatan Akhir
1)
Guru bertanya tentang
kesulitan belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran.
2)
Siswa dan guru
menyimpulkan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
Metode :
-
Pemodelan
-
Diskusi
-
Analisis kesalahan
berbahasa
-
Tanya jawab
Media :
Kartu
Emoticons / Kartu ekspresi
Evaluasi
-
Teknik : Proses
-
Bentuk : Perbuatan
-
Soal
1. Coba
critakna ing ngarep kelas ngangggo basa Jawa krama, pengalamanmu kang paling bisa gawe seneng, trenyuh, susah,
njengkelke, nesu utawa bosen!
2. Coba
jlentrehna panemumu marang cerita kang diandharake kancamu!
LEMBAR
PENILAIAN
No
|
Nama siswa
|
Lafal
|
Intonasi
|
Ragam bahasa krama
|
Diksi
|
Struktur kalimat
|
Jumlah
|
Rata-rata
|
1.
|
Dauz
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Andjar
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Maya
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Indayu
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Hansi
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ardian
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ausi
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Arif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Nur Hapipah,
M.Pd.
NIP
19927896782014
Guru Mata
Pelajaran
Yonif Sandi Rupikso, S.Pd.
NIP
19914746332014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar